Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Cara Membuat Read More Sederhana pada Blogger

Salam Sejahtera, Jumpa lagi dihalaman ini, kali ini saya mau share kepada anda tentang cara membuat Read More secara sederhana. Sebelumnya anda mungkin bertanya, Apa sih read more itu? Dan apa kegunaannya? Kata Read More[bahasa Inggris] kalo diartikan adalah Baca Lagi, baca selebihnya atau selanjutnya, akan tetapi kalau sudah berkaitan dengan dunia blogging maka "Read More" itu adalah suatu fitur yang biasa digunakan untuk menyingkat postingan. Agar lebih singkat, dengan adanya fitur read more ini postingan kita tidak akan tampil dalam bentuk yang sebenarnya, akan tetapi hanya sebagiannya saja dihalaman depan(Home page). Saya anggap anda sudah paham ya? kalau belum bisa lihat dihalaman(Home) blog ini, dan di bagian bawah posting ada tulisan "Baca Selengkapnya>>" jadi itulah yang dinamakan "read more".

Lalu gimana caranya? Caranya ada beberapa triks secara manual yaitu :
1. Dengan cara mengetik kode <!-- more --> di bagian postingan yang ingin anda potong
2. Dengan mengklik icon yang dikotak merah seperti gambar dibawah ini :

Maka kode di atas akan terlihat jelas ketika anda menulis postingan anda dalam mode Edit HTML, bukan mode Compose, tampilannya seperti berikut ini:

Dan Screen shoot di postingan blog bisa dilihat disini

Bagi anda yang menggunakan template klasik atau template yang telah disediakan oleh blogger sejak awal, maka tahap-tahap di atas sudah cukup. Yaitu anda tinggal menulis kode yang berwarna hijau itu secara manual dalam keadaan Edit HTML. Akan tetapi masalahnya bagi yang menggunakan template download-an atau template gratis yang telah disediakan oleh pihak ketiga, maka trik di atas akan tetap bekerja dengan baik, Namun tulisan Baca selengkapnya>> itu nanti gak kelihatan. jadinya repot kalau begitu. Oleh karena itu bagi anda yang menggunakan template download-an, perlu satu tahap lagi agar trik di atas bisa berjalan dengan baik, yaitu dengan menambahkan beberapa kode di CSS template.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Login ke akun blogger-nya anda.
2. Pilih Tata Letak >> Edit HTML
3. Jangan lupa untuk mencentang kotak kecil Expand Template Widget.
4. Dan selanjutnya, silahkan untuk cari kode berikut ini:(saran: Gunakan tombol Ctrl+F)

<div class='post-body entry-content'>
<data:post.body/>
<div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
</div>

5. Kemudian copy-paste kode di bawah ini, dan diletakkan persis di bawah kode tadi (no.4):

<b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
<div class='jump-link'>
<a expr:href='data:post.url + &quot;#more&quot;'><data:post.jumpText/></a>
</div>
</b:if>

7. Klik tombol Simpan Template.

Dengan cara di atas, maka tulisan "Read More" atau Baca selengkapnya>> akan terlihat di postingan blog anda. Untuk tulisan "Read More" atau Baca Selengkapnya>> tersebut bisa anda ubah sesuai dengan selera anda, contohnya saja: Lanjutannya..., ...Selengkapnya, Lanjuuut....., dll.

Maka caranya adalah sebagai berikut:

1. Pilih halaman Tata Letak/Layout

2. Arahkan pandangan anda ke elemen "Posting Blog", lalu klik Edit.
3. Maka akan tampil halaman window kecil baru, seperti di bawah ini:

4. Jadi anda bisa mensetting tampilan tulisan read more-nya (bisa diganti dengan: baca selanjutnya..., ....selengkapnya,dll) di bagian yang telah ditandai dengan kotak merah di atas.

5. Terakhir klik tiomol Simpan Template anda

Selamat Berkreasi [Happy Blogging]
Salam

About the Author

Sebagai seorang blogger yang selalu ingin belajar dan belajar tentang blog, template dan coding yang memerlukan konsistensi kesabaran dalam trial & Error.

Posting Komentar

Mohon maaf komentar pada blog ini kami moderasi dan tidak akan langsung ditampilkan. Silahkan berikan komentar sesuai judul dan isi artikel. Komentar yang mengandung link aktif / live link, iklan, pornografi, dan semacamnya akan dihapus atau kami masukan pada kategori SPAM.


Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.